04 September 2012

Ketika Kaya


Apa yang akan Anda lakukan jika mendapat hadiah lima miliar rupiah? Mungkin Anda berencana akan membeli ini dan itu, pesiar, menabungnya, dan kalau Anda seorang yang murah hati, Anda juga akan mendermakannya meski hanya sebagian kecil saja.

Tetapi, mungkinkah Anda akan seperti Teddy dalam kisah yang pernah saya baca berikut ini?

Seorang guru meminta para muridnya untuk mengarang, apa yang akan mereka lakukan seandainya mereka memperoleh uang yang banyak. Setiap murid segera melakukan tugasnya. Tetapi salah seorang murid, Teddy, hanya duduk di kursi sambil bertopang dagu.

Pada akhir jam pelajaran itu, guru mengumpulkan hasil pekerjaan para murid dan mendapati kertas jawaban Teddy tetap putih alias kosong, tanpa tulisan satu kata pun.

Guru bertanya kepada Teddy, “Teman-temanmu mengarang sampai dua halaman lebih, mengapa kamu tidak melakukan apa-apa?” Jawab Teddy, “Justru inilah Bu Guru yang akan saya lakukan seandainya saya punya uang banyak, tidak kerja apa-apa.”

Ingin tahu apa yang dilakukan oleh orang kaya? Inilah salah satu contoh yang luar biasa.

Adalah Warren Buffett yang selalu bergantian dengan Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia. Kekayaannya 40 hingga 50 miliar USD. Meski kaya raya, gaya hidup Buffett amat sederhana; baik pakaian, sepatu, maupun perabot rumahnya.

Kita dibuat terkesan oleh pria kaya ini bukan karena kekayaannya melainkan karena gaya hidupnya yang suka berbagi. Ia akan menyerahkan 80 persen dari kekayaannya kepada sebuah lembaga sosial yang dipelopori oleh Bill Gates.

Buffett sengaja tidak memberikan banyak warisan kepada kedua anaknya agar mereka tetap memiliki kreasi, inovasi, dan membangun mental suka berbagi.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda telah kaya saat ini, atau Anda ingin kaya? Apa yang akan Anda lakukan dengan kekayaan itu? —Liana Poedjihastuti

* * *

Sumber: KristusHidup.com, 8/3/12 (diedit seperlunya)

=====

Baca juga:

Profil Singkat Warren Buffett

==========

Artikel Terbaru Blog Ini