04 September 2012

Profil Singkat Warren Buffett


Warren Edward Buffett adalah seorang investor dan pengusaha Amerika Serikat. Ia memiliki julukan Oracle of Omaha dan lebih dikenal dengan nama Warren Buffett.

Buffett telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar dari kecerdikannya berinvestasi melalui perusahaannya Berkshire Hathaway, di mana dia memegang 38% saham.

Setelah 13 tahun berturut-turut Bill Gates bercokol sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes, pada tahun 2008 ia dikalahkan oleh Warren Buffett.

Buffett diibaratkan sebagai perpaduan antara fisikawan Einstein, seniman Picasso, dan raja kaya raya pencipta koin emas Croesus, dalam satu tubuh.

Menurut Forbes, harta Buffett pada tahun itu meroket dari US$ 10 miliar menjadi US$ 62 miliar!

Dengan jumlah kekayaan segitu, Buffett bisa membiayai belanja negara kita sedikitnya selama delapan tahun!

Kekayaan yang teramat sebesar itu bisa diraih Buffett hanya dalam tempo sekitar 36 tahun dan hanya dengan modal sebesar US$ 100.

Buffett membeli saham pertamanya pada umur 11 tahun dan ia sekarang menyesal karena seharusnya bisa memulainya lebih awal lagi (sebelum umur 11 tahun).

Buffett membeli sebuah kebun kecil pada umur 14 tahun dengan uang tabungan yang didapatnya dari hasil mengirimkan surat kabar.

Hingga kini Buffett hidup di sebuah rumah dengan 3 kamar berukuran kecil di pusat kota Omaha, yang ia beli setelah menikah 50 tahun yang lalu.

Buffett mengatakan bahwa ia mempunyai segala sesuatu yang ia butuhkan dalam rumah itu, meskipun rumah itu tidak ada pagarnya.

Buffett selalu mengemudikan mobilnya sendiri jika hendak bepergian, dan ia tidak mempunyai seorang supir ataupun keamanan pribadi.

Buffett tidak pernah bepergian dengan pesawat jet pribadi, walaupun ia memiliki perusahaan pembuat pesawat jet terbesar di dunia.

Berkshire Hathaway, perusahaan milik Buffett, punya 63 anak perusahaan.

Buffett hanya menulis satu pucuk surat setiap tahunnya kepada para CEO di perusahaannya guna menyampaikan target yang harus diraih tahun itu.

Buffett tidak pernah mengadakan rapat atau menelepon mereka secara reguler.

Buffett memberikan dua peraturan kepada para CEO-nya: 1) Jangan pernah sekali pun menghabiskan uang pemilik saham. 2) Jangan melupakan peraturan nomor satu.

Buffett tidak bersosialisasi dengan masyarakat kelas atas. Waktu luangnya di rumah dihabiskan dengan menonton televisi sambil makan pop corn.

Bill Gates, orang terkaya di dunia ketika itu, bertemu dengan Buffett untuk pertama kalinya 5 tahun yang lalu (tahun 2007).

Bill Gates pikir, ia tidak punya keperluan yang sangat penting dengan Buffett, maka ia mengatur pertemuan itu hanya selama 30 menit.

Tetapi ketika ia bertemu dengannya, pertemuan itu berlangsung selama 10 jam dan Bill Gates tertarik untuk belajar banyak dari Buffett.

Mudah-mudahan cerita dari Buffett ini inspiratif ya... selamat bekerja ^_^

@JuraganInvest – twitter

* * *

Sumber: http://chirpstory.com/li/20322 (diedit sedikit)

=====

Artikel terkait:

Ketika Kaya

==========

Artikel Terbaru Blog Ini