08 Mei 2009

Mengatasi Hambatan Penulis Sehingga Bisa Menulis Artikel dan Ebook Lagi

Oleh Connie Ragen Green

Kadang-kadang anda duduk untuk menulis dan tidak ada yang muncul dalam pikiran. Kita mungkin menganggap hal itu sebagai hambatan penulis (writer's block), namun saya menganggapnya sebagai kurang perencanaan. Jika anda sudah merencanakan sebelumnya apa yang akan anda tulis, maka seluruh proses penulisan akan jauh lebih sederhana.

Sebenarnya ini hanya soal menentukan tujuan yang ingin dicapai sekaligus manajemen waktu. Menulis merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi banyak orang, juga merupakan cara untuk memperoleh uang dan membangun bisnis bagi diri anda sendiri. Sediakanlah waktu untuk menuliskan tujuan anda dalam menulis, baik menulis artikel, postingan di blog, laporan singkat, atau jenis penulisan lainnya. Kemudian buatlah jadwal bagi diri sendiri, sehingga anda tahu kapan waktu untuk menulis.

Saya selalu menyediakan buku catatan kecil. Ada satu di tas saya, satu di mobil saya, dan satu di lantai bawah rumah saya. Bila saya menemukan ide untuk sebuah artikel atau postingan blog, segera saya menuliskan beberapa kalimat sehingga saya tidak perlu mengingat-ingat lagi ide itu. Setiap malam setelah saya membereskan tempat kerja saya, yang berada di dalam kamar tidur utama di rumah saya, saya meletakkan daftar ide tulisan di samping komputer. Dengan demikian daftar itu siap menunggu saya ketika saya bangun keesokan harinya.

Membuat jadwal harian juga memudahkan saya untuk menulis dengan teratur dan lebih produktif. Biasanya saya menulis satu atau dua artikel, juga memosting ke blog saya, sebelum saya melakukan hal-hal lain di pagi hari. Saya membuat jadwal menulis, dan jadwal pertemuan lainnya, minimal satu minggu sebelumnya.

Saya menganggapnya sebagi batu, kerikil, dan pasir yang harus dimasukkan ke sebuah stoples. Prioritas utama saya adalah keluarga. Ini adalah batu utama saya. Berikutnya adalah bisnis saya, yang adalah menulis online dan teknologi, sehingga itu juga merupakan batu bagi saya. Menyediakan waktu untuk melakukan pekerjaan sosial di komunitas saya dan membantu orang lain adalah kerikil bagi saya. Hal-hal lain hanyalah pasir, yang berarti bisa dikerjakan atau tidak di sela-sela hal-hal yang saya anggap sebagai prioritas dalam hidup saya.

Anda dapat melihatnya sekarang, semua itu hanya soal merencanakan apa yang ingin anda capai dengan cara menentukan tujuan dan melaksanakannya. Jika anda bersedia melakukan hal-hal sederhana ini dalam mengatur dan memprioritaskan hidup anda, maka anda tidak akan pernah mengalami lagi apa yang disebut hambatan penulis.

Sumber: http://www.articlehighlight.com
(article directory milik sendiri)

Connie Ragen Green mengajarkan cara menulis artikel dan eBook untuk membangun bisnis online, serta cara menggunakan teknologi yang diperlukan. Kunjungilah Ebook Writing and Marketing Secrets untuk memperoleh informasi lebih lanjut.

*** Artikel di atas diterjemahkan oleh Paulus Herlambang. Artikel aslinya (dalam bahasa Inggris) dapat dibaca di sini…

Artikel Terbaru Blog Ini