01 Mei 2009

Apakah Siaran Pers Cocok untuk Anda?

Oleh Julie-Ann Amos

Jika anda memiliki produk atau jasa yang ingin dipromosikan, maka jawaban atas pertanyaan pada judul tersebut sudah pasti ya! Tentu saja! Siaran pers merupakan alat yang berharga dalam kegiatan setiap pemasar (marketer). Bila anda menggunakan sebagian waktu anda di Internet, anda akan melihat bahwa terdapat banyak sekali produk yang dijual. Sebagian lebih sukses daripada yang lain.

Produk-produk yang berhasil dijual dengan baik pasti dipromosikan secara besar-besaran dengan berbagai cara. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah siaran pers. Jika anda memiliki produk yang bagus, tentu anda ingin memberi tahu sebanyak mungkin orang tentang produk tersebut. Anda dapat melakukannya dengan sangat efektif bila anda menggunakan siaran pers yang tepat sasaran.

Anda dapat menulis siaran pers anda sendiri, tetapi kalau anda tidak tahu caranya maka waktu anda akan terbuang percuma. Siaran pers ditulis dengan format yang sangat spesifik. Jadi sebaiknya siaran pers anda ditulis oleh orang yang tahu apa yang harus dilakukan. Itu akan menghindari risiko siaran pers anda hanya masuk keranjang sampah.

Perbedaan utama antara sebuah artikel dan siaran pers adalah bahwa siaran pers ditulis dari sudut berita – intinya, anda sedang mengumumkan sesuatu yang layak diberitakan. Bisa tentang produk baru, atau pengembangan atau perubahan dalam bisnis anda. Jika sebuah siaran pers tidak ditulis dengan cara ini, mungkin siaran pers itu tidak akan dipublikasikan.

Seorang penulis siaran pers yang berpengalaman tahu cara menyusun kalimat sehingga tulisannya dapat memperoleh publisitas gratis semaksimal mungkin. Seorang penulis siaran pers bisa membuat judul yang bagus dan memasukkan semua fakta yang relevan sehingga tulisannya mendapat perhatian pembaca.

Kiatnya adalah dengan menemukan keseimbangan antara format yang benar dan isi yang tepat. Pikirkanlah audiensi sasaran anda, dan pastikan bahwa isi siaran pers anda ditulis dengan audiensi tersebut dalam benak anda, lalu distribusikanlah siaran pers anda ke berbagai penerbitan di mana audiensi sasaran anda akan membacanya. Dengan cara ini anda bisa yakin bahwa tulisan anda akan menghasilkan lebih banyak pengunjung, pelanggan, dan penjualan.

Anda juga dapat membayar seorang penulis siaran pers yang berdomisili di negara di mana anda akan memasarkan produk atau jasa anda. Mereka dapat menulis dalam kalimat-kalimat yang sesuai dengan pasar setempat dan dapat memastikan bahwa ejaan dan tata bahasanya benar. Mungkin ada perbedaan kecil yang signifikan dari segi format bagi pasar tersebut, sehingga untuk memperoleh kesuksesan yang maksimal, akan sangat bermanfaat bila anda bekerja sama dengan seorang penutur asli.

Sumber: http://www.articlehighlight.com
(article directory milik sendiri)

Dapatkan artikel-artikel yang dioptimasi dengan baik untuk mesin pencari yang akan menolong anda mencapai hasil yang jauh lebih baik dalam pencarian organik di internet; hingga laporan/buku/e-book yang lebih serius, di Exquisite Writing. Kami dapat menangani semua proyek penulisan dengan profesionalisme yang tinggi dan kami jamin bahwa para penulis kami adalah para penulis yang paling berpengalaman dan berbakat. Kunjungilah http://www.exquisitewriting.com/copywriting-experts-content untuk informasi lebih lanjut.

*** Artikel di atas diterjemahkan oleh Paulus Herlambang. Artikel aslinya (dalam bahasa Inggris) dapat dibaca di sini…

Artikel Terbaru Blog Ini