18 Februari 2011

Cha, Cha, Cha

Meski telah terdapat sejumlah penemuan, tidak menutup kemungkinan dapat ditemukan lagi sebuah penemuan baru. Sebagai pemahaman, mari terlebih dahulu kita pelajari artikel yang dikemukakan oleh Profesor Daniel E. Koshland Jr. berikut ini.

(Daniel E. Koshland Jr.)

Profesor biokimia dan biologi sel di University of California ini menyebutkan berdasarkan riset yang dilakukannya, bahwa penemuan-penemuan ilmiah itu sebenarnya terdiri dari tiga kategori yaitu: Charge, Challenge, dan Chance.

Ketiga kategori itu disebut sebagai teori Cha-Cha-Cha, yang penjelasannya adalah sebagai berikut:

Penemuan Charge adalah: penemuan yang berkategori belum pernah ada. Contoh, sebelumnya tidak ada teori gravitasi seperti yang ditemukan oleh Newton.

Penemuan Challenge adalah: penemuan yang berasal dari dua teori yang bertentangan, sebelum akhirnya penemuan yang benar dihasilkan. Contoh, penemuan Niels Bohr yang dihasilkan setelah melihat kelemahan-kelemahan teori atom Dalton. Ilmuwan lain merasa tertantang untuk menyempurnakan kelemahan dari teori sebelumnya.

Penemuan Chance adalah: penemuan yang terjadi karena unsur ketidaksengajaan atau kecelakaan. Contoh, penemuan Louis Pasteur dan penemuan-penemuan lain yang sebenarnya tidak sedang dicari atau diselidiki.

Mungkin saat ini anda sedang bingung, berpikir tentang apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kualitas atau meningkatkan kemajuan perusahaan tempat anda bekerja.

Coba perhatikan kembali apa yang dikatakan oleh Profesor Koshland Jr. Dari hasil temuannya itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya “masih banyak temuan yang bisa diciptakan.”

Artinya masih banyak yang dapat dilakukan. Apalagi bidang temuan di dunia ini tidak hanya sebatas bidang ilmiah (science) saja, tetapi juga ada bidang pendidikan, IT, ekonomi / keuangan, kecantikan, desain, dan sebagainya.

Yang diperlukan untuk mencapai semua itu bukan modal yang besar, tetapi sederhana, yakni “kemauan untuk berpikir, berkreasi, dan berani untuk mewujudkannya.”

* * *

Sumber: Hikmat Profesi, 18 Februari 2011 (diedit sedikit)

Di-online-kan oleh: Paulus Herlambang.

==========


Artikel Terbaru Blog Ini